L8RqjKDGdBPnUDNo5KCAT0pjUViNvK2I1FGylFGk

Tips Memahami Buku Pemrograman Berbahasa Inggris

Tips Memahami Buku Pemrograman Berbahasa Inggris

Halo teman – teman kali ini mimin mau memberitahu nih “Tips Memahami Buku Pemrograman Berbahasa Inggris” Langsung saja kita ke topiknya.

Kita sebagai mahasiswa sering kali dibingungkan dengan modul yang diberikan oleh dosen, karena kebanyakan modulnya berbahasa Inggris. Jadi sulit untuk kita memahami modul tersebut. Berikut ini mimin akan kasih tau Tips Memahami Buku Pemrograman Berbahasa Inggris. Btw, ini karangan mimin yaah, artinya ini menurut pengalaman mimin pribadi, hihi.

1. Siapkan Google Translate  atau Aplikasi Translator lainnya.

Yang pertama adalah menyiapkan translator atau penerjemah antara pembaca dan si buku. Terkadang buku, ebook ataupun modul pdf itu kebanyakan menggunakan kata Bahasa Inggris yang kita belum tahu sebelumnya, contohnya environments, occurs dan lain – lain. Dengan menggunakan translator ini sangat memudahkan kita dalam memahami buku tersebut. Dan juga menambah vocab skill English kita, hihi.

2. Tentukan Judul Buku yang Ingin dibaca

Setelah sudah menyiapkan translator, selanjutnya kita siapkan Judul Buku yang Ingin dibaca. Contoh, mimin disini ingin membaca sebuah ebook pemrograman Python yang berjudul “Learn Python in one Day”

3. Baca, translate lalu Praktek

Langkah selanjutnya yaitu membaca kemudian translate lalu mempraktekkannya. Caranya gimana? Gampang banget, teman – teman buka file ebooknya (dalam bentuk pdf ataupun yang lainnya), buka translatornya juga dan jangan lupa buka juga text editornya. Mimin disini menggunakan Foxit Reader untuk membuka ebooknya, Google translate untuk penerjemahnya dan text editor Visual Studio Code. 


Contoh mimin dalam memahami buku berbahasa inggris :

-. Setiap ebook pasti ada daftar isi atau Table of Contents

-. Tentukan apa yang akan teman – teman pahami dengan melihat daftar isi tersebut, contohnya, ingin belajar Bahasa Python tentang for loop, while loop, break, continue dan lain sebagainya.

-. Lihat gambar dibawah ini. Ini adalah daftar isi dari buku Learn Python in one Day. Disana terdapat konten for loop, while loop, break, continue dan lain sebagainya.

    

-. Lalu buat apa translatenya? Buat apa VS Code nya? Nah disini kita masuk ke bagian menerjemahkan. Hal yang pertama kita terjemahkan bukan codenya ya gaes, tapi pengertiannya yang kita terjemahkan. Contohnya, lihat gambar dibawah ini.

Pilih kalimat yang menurut teman – teman kuarang paham dengan kalimtanya. Contoh, mimin pada gambar tersebut menerjemakan apa itu for loop. Mimin yakin setelah teman – teman menerjemahkan kalimat tersebut pasti teman – teman sudah tau fungsi for loop pada python itu untuk apa . Mudahkan gaes? Bagian menerjemahkan ini?

-. Langkah selanjutnya adalah Praktek
Setelah mengetahui pengertian tentang apa itu for loop sekarang saatnya untuk menyalin codenya ke VS Code. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

Gimana gaes tipsnya? Mudahkan? Selamat mencobaaa…
Jika ada pertanyaan kirimkan saja di komentar yaah teman – teman.

Related Posts

Related Posts

1 komentar

  1. Akhirnya nemu juga ni info.. Makasih banget bang informasinya, kebetulan saya lagi belajar programming hehe

    BalasHapus
Tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, komentar dengan link aktif tidak akan ditampilkan.
Admin dan penulis blog mempunyai hak untuk menampilkan, menghapus, menandai spam, pada komentar yang dikirim